TK - KG Al-Hamidiyah :: Pendahuluan :: Visi dan Misi :: Kurikulum :: Prestasi :: PSB :: Fasilitas :: Ekstrakurikuler
2019-10-11 15:27:44

Gebyar Muharram 1441 H

Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H

Tahun baru Islam dijadikan sebagai momentum membangkitkan semangat hijrah sejak usia dini. Itu artinya, jika umat Islam menjalankan berbagai amalan tentunya akan mendapatkan pahala dan berkah yang melimpah. Maka sangat tepat menjadikan peringatan Tahun Baru Islam sebagai momentum menuju perbaikan bersama dan menjadi lembaran baru dalam kehidupan dengan cara selalu memberikan yang terbaik bagi sesama.  

Peringatan tahun baru hijriah yang dilaksanakan di berbagai instansi menjadi penanda bahwa aktivitas mulia ini hendaknya menjadi agenda rutin bagi masyarakat muslim. Hal itu senada dengan kegiatan Peringatan Muharram dan Santunan Anak Yatim dimana program tahunan ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya di Yayasan Islam Al-Hamidiyah yang bertujuan agar anak-anak mengerti makna berbagi dan saling menyayangi satu sama lain. Acara ini dilakukan oleh beberapa unit dari sekolah Al – Hamidiyah seperti yang diselenggarakan oleh unit sekolah PG/TK Al-Hamidiyah bekerjasama dengan PTA (Parent Teacher Association) atau para orangtua siswa.

Kegiatan ini di selenggarakan tanggal 25 September 2019 di area koridor PG/TK dengan program acara Gema Muharam 1441 H” dan mengangkat tema “ Keberkahan dalam berbagi”. Dalam acara ini mengundang 6 panti asuhan yaitu Panti Asuhan Az-Zikra, Panti Asuhan Al-Murodiyah, Panti Asuhan Miftahul Jannah, Panti Asuhan Al-Amanah, Panti asuhan Al-Maunah, Panti asuhan Raudhatul Irfan. Setiap Panti asuhan semua lengkap dihadiri dengan pendamping atau pengasuhnya dan juga tidak lupa kami mengundang Anak-anak yatim dari lingkungan sekitar sekolah Al-hamidiyah.

Serangkaian kegiatan dimulai dari Pembukaan (Pembacaan surat Al Fatihah), Pembacaan ayat suci Al Qur’an, Sambutan pak kiyai Zarkasih selaku Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, Sambutan kepala sekolah, Sambutan ketua PTA TK Al Hamidiyah, Sambutan pengurus/ustadz dari panti asuhan, lalu dilanjutkan dengan puncak acaranya yaitu Penyerahan santunan secara simbolis yaitu berupa uang tunai dan sembako yang di serahkan kepada pengasuh panti asuhan, acara selanjutnya di isi oleh penampilan anak TK B dan penutup do’a.

Selain itu Peringatan Muharram 1441 H dan Santunan anak yatim juga dilakukan oleh unit siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS) & Madrasah Aliyah (MA) yang diselenggarakan malam selasa di area lapangan parkir pesantren. Acara utama berupa pembacaan Maulid Simtuddurar yang dipimpin langsung oleh Habib Segaf bin Umar Assegaf dan ceramah agama dengan tema Muharram.

Tidak terkecuali juga unit sekolah SMPI Al-Hamidiyah mengadakan Gebyar Muharram, pada tanggal 02 Oktober 2019 yang di selenggarakan di area Lapangan SMPI Al-Hamidiyah. Dengan mengangkat Tema kegiatan Muharram tahun ini yaituMenjalin Silaturahim Demi Memperkokoh Ukhuwah dan Semangat Berbagi dengan Sesama. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, orangtua, pengurus PTA, dan 100 anak yatim yang berada di sekitar pesantren Al-Hamidiyah. Dengan rangkaian kegiatan yang dibuka oleh perform marawis, dan tari saman lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah, tidak lupa juga sambutan dari kepala sekolah dan ketua PTA sekaligus dari Konsultan Islamic Value SMPI, serta dilanjutkan dengan kegiatan utamanya yaitu pemberian santunan & bingkisan kepada anak yatim.

Semoga momentum yang penuh hikmah ini, dapat kita gunakan untuk merefleksikan diri, membangun kekuatan aqidah, guna semakin meningkatnya kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

(Red: Irma. Rakhmawati sebagai Humas Al-Hamidiyah)