MTS Al-Hamidiyah :: Pendahuluan :: Visi dan Misi :: Kurikulum :: Prestasi :: PPDB :: Fasilitas :: Ekstrakurikuler

Hari Santri Nasional 2019

Memperingati Hari Santri Nasional 2019

Hari Santri Nasional jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo di Masjid Istiqlal Jakarta pada tanggal 22 Oktober 2015 silam.

Pada tahun ini untuk memperingati Hari Santri Nasional, Pesantren Al-Hamidiyah menggelar beberapa rangkaian acara sebagai peringatan Hari Santri Nasional. Rangkaian acarapun dimulai pada tanggal 21 Oktober 2019, ba’da Isya. Santriwan dan santriwati Al-Hamidiyah menggelar sholawatan Nariyah sebagai bentuk partisipasi berdasarkan himbauan Ketua Lembaga Dakwah Nahdatul Ulama, Agus Salim, yang mengajak santri NU di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membacakan sholawat Nariyah hingga mendapat 1 miliar kali. Pembacaan sholawat Nariyah ini bertujuan untuk meminta keberkahan di Indonesia, sementara 1 miliar yang dimaksud adalah jumlah secara keseluruhan sholawat Nariyah yang dibacakan santri dari ujung Sabang sampai Merauke.

Pada tanggal 22 Oktober 2019 lalu, beberapa perwakilan santri Al-Hamidiyah diundang untuk menghadiri Upacara Hari Santri Nasional di kantor Walikota Depok. Santri dari Al-Hamidiyah ditunjuk sebagai petugas Marching Band dan pembacaan teks UUD 1945, sekitar 60 santri kelas IX dari MTs Al-Hamidiyah juga diundang sebagai perwakilan peserta. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Depok dan pembacaan sejarah Hari Santri Nasional oleh kepala kantor Kemenag kota Depok. Selain itu, perwakilan kelas X Jurusan MAPK dan kelas XI Jurusan MA juga turut menghadiri rangkaian acara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019 yang diadakan oleh Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PC-NU) Jakarta Timur bersama pengasuh Pondok Pesantren Nurul Ibad di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Dengan mengusung tema " Santri Unggul Indonesia Makmur" Doa bersama untuk Bangsa Indonesia. Rangkaian acara yang diadakan sejak hari Minggu, 20 Oktober tersebut diisi dengan berbagai acara lomba dan parade obor mengelilingi TMII. Sementara puncak acara yang terjadi pada malam 22 Oktober akan dihadiri oleh 10,000 santri se-jabodetabek.

Sementara itu, bagi santriwan dan santriwati yang tetap berada di Pesantren Al-Hamidiyah juga turut melaksanakan upacara khusus Hari Santri Nasional yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pengasuh KH. Achmad Zarkasih. Setelah itu, pihak Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) mengumumkan untuk kegiatan belajar mengajar, di isi dengan acara nonton bersama film Islami dilanjutkan dengan lomba pidato 3 bahasa. Kegiatan Hari Santri Nasional inipun diikuti dengan gembira oleh sebagian besar para santri yang tinggal di Al-Hamidiyah.

Red. Almira Hakim