MA Al-Hamidiyah :: Pendahuluan :: Visi dan Misi :: Kurikulum :: Prestasi :: PSB :: Fasilitas :: Ekstrakurikuler :: Sebaran Alumni
2019-10-11 15:26:51

Outing Class MA

Outing Class MA Kelas X - XII Jurusan IPA, IPS dan MAK

Rabu, 2 Oktober 2019.

Madrasah Aliyah (MA) Al-Hamidiyah melakukan kegiatan Outing kelas yang di ikuti oleh santri mulai dari kelas X – XII Jurusan IPA, IPS dan MAK. Dengan tujuan berkunjung ke destinasi edukatif yang berada di daerah kota Bogor yaitu ke Kebun Raya Bogor, Istana Kepresidenan, Museun Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasains), dan kunjungan ke Institut Pertanian Bogor (IPB).

Untuk kelas X – XI menuju ke destinasi tujuan pertama, yaitu Museum Munasain. Setelah sampai ditujuan pertama, santri-santri berkumpul berdasarkan tingkatan kelasnya masing-masing, hingga terbagi menjadi 4 kelompok. Guru-guru juga memberikan lembaran LKS sebagai bagian dari pembelajaran yang nantinya bisa mereka temukan jawabannya di dalam museum. Masing-masing kelompok mendapatkan satu pemandu dari Munasain dan diajak berkeliling dari satu bagian ke bagian lainnya.

Sebagai informasi, Museum ini memamerkan berbagai macam benda dan visualisasi dari pembentukan alam semesta. Seperti tanaman- herbal, visual peradaban manusia purba dan zaman-zamannya. Selain itu, di dalam museum juga memamerkan kekayaan alam Indonesia seperti pemanfaatan rempah-rempah dan persebarannya di Indonesia, kerajinan tenun dari bahan-bahan alam,tanaman-tanaman herbal, diorama alat tenun, serta alat musik tradisional. Terdapat juga ruang theater khusus yang menampilkan sejarah alam dunia dan sejarah ilmu keanekaragaman hayati Indonesia yang dibawa ilmuwan Belanda masa penjajahan. Santri-santri juga diajak ke memiliki satu ruang khusus yang dijadikan contoh ruang penelitian etnobotani.

Sedangkan dua bis yang berisi kelas XII berpisah dengan rombongan bis lainnya, khusus kelas XII destinas utamanya yaitu berkunjung ke Institut Pertanian Bogor (IPB). Dalam kunjungan tersebut, rombongan MA Al-Hamidiyah diterima langsung oleh Bapak Abdul Muin yang merupakan staf Biro Komunikasi IPB. Selanjutnya rombongan kami diarahkan menuju salah satu gedung yang ada di IPB, yaitu Gedung Audit Abdul Muis yang berada di dalam komplek Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB.   

Acara dimulai sekitar pukul 10:00, dengan sesi sambutan dari pihak IPB yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Abdul Muin dan sambutan yang diberikan oleh MA Al-Hamidiyah yang disampaikan langsung oleh Kepala Madrasah Bapak Suyatno, M.Pd. Acara dilanjutkan dengan sesi pemutaran video selayang pandang mengenai IPB, penjelasan mengenai kampus IPB, prodi studi, alumni, dan jurusan-jurusan yang paling banyak diminati yang disampaikan oleh dua orang Mahasiswa IPB yang merupakan Duta IPB yaitu Kak Hana Intisar dan Kak Alfiroos Joluwin.

Setelah sesi tersebut, santri dari MA Al-Hamidiyah diberikan kesempatan untuk bertanya terkait dengan IPB. Berbagai pertanyaan terkait IPB disampaikan secara antusias, dan ada salah satu pertanyaan yang cukup menarik mengenai apakah ada jalur khusus yang bisa digunakan selain melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN untuk masuk IPB? dari pertanyaan tersebut, santri Al-Hamidiyah mendapatkan informasi bahwa IPB memiliki jalur khusus yang bisa digunakan selain melalui jalur test SNMPTN dan SBMPTN yaitu jalur Ketua Osis dan jalur Hafidz Qur’an dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh IPB.

Seteleh sesi tanya jawab, kegiatan diakhiri dengan sesi penyerahan cindera mata dari IPB ke MA Al-Hamidiyah dan sebaliknya. Setelah sesi tersebut kami berkesempatan untuk berkeliling kampus IPB dengan dipandu oleh Duta Mahasiswa IPB yang sedari awal menemani kegiatan kunjungan kami.

Destinasi terakhir, rombongan kelas X, XI & XII ke Kebun Raya Bogor sebagai titik kumpul. Rombongan santri MA Al-Hamidiyah juga melakukan tour berkeliling ke sebagian tempat yang ada di Kebun Raya Bogor, seperti berkeliling ke Istana Presiden, Makam Belanda, taman bambu dan pinus juga Museum Zoologi sebagai bagian akhir dalam kegiatan Outing Class ini.

(Redaksi: Almira Hakim, Cahya Gunawan sebagai Humas Al-Hamidiyah)

Editor : Irma. Rakhmawati