SDIT Al-Hamidiyah :: Pendahuluan :: Visi dan Misi :: Kurikulum :: Prestasi :: PSB :: Ekstrakurikuler :: Fasilitas
2018-02-14 03:20:37

Pasar Rakyat SDIT Al-Hamidiyah Level 5

Memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar berbisnis (berwirausaha) sejak kecil bukan berorientasi mencari uang. Melainkan lebih untuk melatih kemandirian, dengan mengandalkan kreativitasnya pada anak-anak.

Siswa level V mengadakan 2 hari acara pasar rakyat, Kamis (1-2/02/2018) dilapangan SDIT Al-Hamidiyah dengan melibatkan seluruh siswa dari level 1-6 sebagai konsumen dalam acara tersebut. SDIT Al-Hamidiyah merupakan sekolah yang menjadikan kurikulum pembelajaran peduli dan melihat adanya peluang untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur  dan mindset awal yang harus dibangun sejak usia dini.

Kreativitas yang terlatih sejak dini, termasuk melalui berbagai ajang dan kegiatan kewirausahaan, menjadi modal utama produktivitas dan kemandirian anak kala ia dewasa.

Wirausaha bukan hanya dunianya orang dewasa, tapi juga bisa menjadi bagian dari dunianya anak-anak. Bedanya, wirausaha pada anak-anak tak bisa dijalankan sendirian, namun membutuhkan bimbingan dan dukungan dari orang dewasa, orangtua maupun guru.

Pada kesempatan yang sama, sebagai salah satu guru pembimbing dalam acara tesebut Ibu Ari Suryanti mengatakan, Dalam kegiatan ini anak-anak atau kidspreneur dapat mempraktekkan  kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi, juga dapat berinteraksi dengan orang lain kreatif dalam menjual sebuah produk, “jelasnya.

Anak-anak yang mengenal dunia wirausaha sejak dini, akan mendapati manfaat untuk bekal masa depan kelak. Pada tahapan usia yang terbilang belia, anak-anak yang belajar menumbuhkan jiwa wirausaha, akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif.

"Anak-anak sekarang hidup dalam masa lebih banyak akses dan kesempatan, dan mereka memanfaatkan kesempatan tersebut," tuturnya. (SB)

Reporter : Saiful Bahri