SMPI Al-Hamidiyah :: Pendahuluan :: Visi dan Misi :: Kurikulum :: PSB :: Fasilitas :: Ekstrakurikuler
2018-02-19 06:25:59

Penguatan Pendidikan Karakter dengan Perkemahan Jumat-Sabtu SMP Islam Al Hamidiyah

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dapat lebih efektif tercapai dengan setiap sekolah menerapkan pendidikan kepramukaan secara rutin. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah disebutkan Pendidikan Kepramukaan, OSIS dan PMR dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik.

Terdapat tiga struktur yang dapat digunakan sebagai wahana, jalur, dan medium untuk memperkuat pendidikan karakter bangsa, yaitu struktur program, kurikulum dan kegiatan. Pendidikan kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib yang diatur dalam struktur kurikulum. Selain itu OSIS juga merupakan wadah siswa untuk menampung aspirasi siswa. PMR sebagai penunjang usaha kesehatan yang ada disekolah.  Nilai nilai PPK yang diharapkan dari Pramuka, OSIS dan PMR adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Nilai – nilai PPK telah tercantum dalam sebagian nilai yang terkandung pada tri satya dan Dasa darma yang menjadi pedoman hidup pramuka sejak dahulu. Oleh karenanya, kegiatan kepramukaan pastinya memuat unsur nilai yang diharapkan dalam PPK.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 Februari 2018 di Desa Cemara Out Bond, Limo Kota Depok ini cukup diminati oleh para anggota Pramuka, OSIS maupun PMR hal ini terbukti dengan banyaknya animo dan antusias dari para siswa untuk ikut dalam ajang tahunan ini. Harapan kedepan untuk kegiatan seperti ini akan terus di pantau agar mampu menghasilkan generasi-generasi yang berkepribadian dan berbudi pekerti yang luhur yang melandaskan diri pada ajaran agama dan hukum yang berlaku di negara kesatuan republik Indonesia.

Reporter : Moh. Firdos