TPQ Al-Hamidiyah :: Pendahuluan :: Visi dan Misi :: Kurikulum :: Prestasi :: PSB :: Dokumentasi
2018-01-04 07:27:56

TPQ AL-HAMIDIYAH: SANTUNAN KAUM DHUAFA

Sebuah bentuk kepedulian sosial yang menjadi salah-satu pesan moral puasa adalah hidup sederhana serta memperhatikan dan menyantuni kaum dhuafa. 

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Isra’ Ayat 26-27:

وَآتِ ذَا الْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا

Artinya :

Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

atau seperti disebutkan dalam sebuah hadits bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang yang berusaha untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada janda dan orang miskin maka dia seperti seorang yang berjihad di jalan Allah atau seperti seorang yang rajin melakukan shalat malam dan berpuasa di siang hari.” 

(HR. al-Bukhari no. 5353 dan Muslim no. 2982)

Dalam upaya mengikuti perintah agama dan juga menanamkan kepedulian untuk saling tolong-menolong dari usia dini, kita mengajarkan buah hati kita untuk menginfakkan atau memberikan sebagian rezeki yang kita peroleh meskipun sedikit.

Inilah maksud dan tujuan diadakannya kegiatan rutin TPQ Al-Hamidiyah Santunan Kaum Dhuafa, yang diadakan setiap tanggal 14 Juni. Kegiatan yang tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan ini dimaksudkan untuk mengajarkan anak-anak untuk membantu sesama yang membutuhkan, meringankan penderitaannya serta berbagi kebahagiaan.

***
Akmal Eki