MTS Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Generasi Cerdas dan Kreatif Melalui Pekan STEAMMI 3: Merancang Maze Solver Robotic dan Robot Avoider

Selasa, 22 April 2025 Oleh Irma Rahmawati 213 kali

Depok, MTs Pesantren Al-Hamidiyah kembali membuktikan komitmennya dalam mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis namun juga inovatif dan adaptif dengan menggelar Pekan STEAMMI (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics, Montessori and Islamic) ke-3 pada 15-17 April 2025 mengusung tema “Langkah Cerdas Generasi Kreatif”, acara ini menjadi panggung bagi para santri untuk unjuk kerja hasil karya dan inovasi mereka dalam bidang sains, teknologi, seni dan matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman.

Pembukaan Pekan STEAMMI 3 berlangsung dengan penuh antusiasme. K.H. A.Rasyid, Lc., selaku Wakil Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah dan Drs.Eridian Patrio Putro selaku Kepala Divisi Madrasah Yayasan Islam Al-Hamidiyah (YIA), turut hadir dan memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa Pendidikan di era modern menuntut adanya pendekatan holistik seperti STEAMMI, yang mampu membekali santri dengan keterampilan abad ke-21 sekaligus memperkuat karakter islami mereka.


Pekan STEAMMI 3 kali ini menampilkan proyek-proyek robotik berbasis Arduino yang dikembangkan oleh para santri kelas 7 dan 8 dengan kecerdasan mereka dalam merancang "Maze Solver Robotic," sebuah robot otonom yang mampu menavigasi dan menemukan jalan keluar dari labirin yang rumit. Proyek ini tidak hanya menguji kemampuan teknis santri dalam perakitan dan pemrograman robot, tetapi juga melatih logika dan kemampuan problem solving mereka.

Sementara itu, santri kelas 9 tak kalah memukau dengan proyek “Robot Avoider (Halang Rintang) berbasis Arduino.” Robot ini dirancang untuk mendeteksi dan menghindari berbagai rintangan secara otomatis, menunjukkan pemahaman santri tentang sensor, algoritma dan kontrol motor. Kedua proyek ini menjadi bukti nyata bagaimana pendekatan STEAMMI mampu menstimulasi santri untuk berpikir kritis, berkreasi dan menerapkan ilmu pengetahuan dalam konteks praktis.


Proses pembelajaran di balik proyek-proyek inovatif ini mengadopsi model Project-Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEM dan metode Discovery Learning. Santri tidak hanya menerima teori di kelas, tetapi juga terlibat langsung dalam proses perancangan, pembuatan, pengujian, hingga presentasi produk mereka. Alur Engineering Design Process (EDP) seperti refleksi, riset, penemuan ide, aplikasi dan komunikasi menjadi panduan dalam setiap tahapan proyek,

Pekan STEAMMI 3 ini bukan hanya sekadar ajang unjuk kerja hasil karya, tetapi juga menjadi wadah pembelajaran yang berharga bagi seluruh santri. Melalui interaksi dengan teman sebaya, guru dan tenaga kependidikan, mereka belajar untuk mengomunikasikan ide, menerima masukan dan mengembangkan kemampuan kolaborasi. Integrasi nilai-nilai islam dalam setiap aspek kegiatan juga menjadi ciri khas yang membedakan Pekan STEAMMI di MTs Pesantren Al-Hamidiyah.                                                     


Suksesnya penyelenggaraan Pekan STEAMMI 3 MTs Pesantren Al-Hamidiyah semakin mengukuhkan diri sebagai lembaga pendidikan yang progresif dan berorientasi pada masa depan. Kegiatan ini diharapkan dapat terus memotivasi santri untuk mengembangkan potensi diri, berinovasi dan menjadi generasi yang cerdas, kreatif serta berakhlak mulia. MTs Pesantren Al-Hamidiyah telah memulai langkah cerdas generasi kreatif.


Penulis: Wulansari A.

Editor: Humas YIA