Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Semarak Kegiatan Gelar Karya P5 SDIT Al-Hamidiyah

Selasa, 13 Juni 2023 Oleh Irma Rahmawati 334 kali

Depok-SDIT Al-Hamidiyah  menyelenggarakan acara Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan ini mengusung tema “Menuju generasi muda berkarakter” dengan tujuan sebagai unjuk kerja siswa selama semester 2 dan perayaan hasil kerja siswa. 

Acara tersebut dilaksanakan di lapangan SDIT Al-Hamidiyah dan lingkungan Kelas SDIT Al-Hamidiyah. Adapun rangkaian kegiatan terdiri dari pembukaan, sambutan, palang pintu, pameran, flash mob kicir-kicir, dan penutupan. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bapak Hadi Sukoco, S.Si, selaku perwakilan Manajemen Yayasan Islam Al-Hamidiyah, seluruh dewan guru dan seluruh siswa dari level 1 (satu) sampai level 4 (empat).


Ika Nurhayati. S.T selaku ketua penyelenggara kegiatan ini, menyampaikan “Alhamdulillah, siswa merasa sangat semangat, bahkan sebelum ujian saja mereka sudah tidak sabar untuk acara hingga selalu menanyakan kapan dan kenapa lama. Saat hari kegiatan pun mereka semangat memperkenalkan hasil kerjanya dan terlihat menikmati setiap moment acara”. Bahkan menurutnya outputnya dari acara ini, siswa memiliki keberanian untuk unjuk hasil kerja dan berpresentasi dihadapan tamu, kakak kelas atau adik kelas.” ujarnya.

Projek ini dikerjakan per level, untuk level 1 menggunakan pakaian adat daerah atau kearifan lokal Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sementara untuk level 4 pada kegiatan ini, yaitu menyajikan makanan dan minuman khas Betawi-Depok. Kelas 4 (Abu Bakar), menyediakan minuman seperti bir pletok, Selendang Mayang, dan jus blimbing. Kelas 4 (Umar) menyediakan makanan utama seperti gado-gado, pecak, ikan, asinan. Kelas 4 (Ustman) menyediakan Snack, seperti dodol, rengginang, kembang goyang, kue roda. Kelas 4 (Ali) menyediakan makanan utama yaitu Soto betawi. Dan Kelas 4 (Khalid) menyediakan buah tradisional seperti kesemek, jambu air, menteng, buni, kecapi, belimbing.


Athaya Zahira Putri salah satu siswi kelas 4 menyampaikan “P5 Membuatku mudah berinteraksi dengan orang lain, terbiasa bekerja sama, bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi bersama. Selama ada kegiatan P5, aku merasa senang karena bisa membuat kreasi bersama, dan dapat membangun rasa percaya diri, bisa menampilkan kreasi kita dihadapan orang lain dengan rasa percaya diri,”ucapnya.



Penulis: Mona Rosdian,S.Pd, C.NMC,C.NPS.    

Editor: Humas YIA

Archive