Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

LDKS Student Council SDIT Al-Hamidiyah; Membangun Kepemimpinan Islami yang Berkarakter

Jum'at, 01 Desember 2023 Oleh Hana Qonita 243 kali

Untuk pertama kalinya SDIT Al-Hamidiyah membuat program unggulan yaitu Student Council, sebuah wadah organisasi yang mewakili siswa di sekolah dan diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat dalam kegiatan yang berdampak positif.

Mengawali kegiatan Student Council, SDIT Al-Hamidiyah mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bertemakan, “Membangun Kepemimpinan Islami Yang Berkarakter”, yang bertujuan untuk membekali siswa-siswi dalam mengembangkan potensi kepemimpinan, kerjasama, dan tanggung jawab. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu siswa-siswi membentuk individu yang lebih mandiri, bertanggung jawab dan berkontribusi positif bagi lingkungan sekolah dan sekitar.

Acara LDKS diadakan pada hari sabtu tanggal 14 Oktober 2023 di Aula SDIT Al-Hamidiyah. Peserta LDKS merupakan siswa siswi yang terpilih melalui seleksi dari kelas 4 (terdiri 10 anak) dan kelas 5 (terdiri 20 anak). Pada kegiatan ini, para peserta mendapatkan materi workshop kepemimpinan dari Kak Anda, kegiatan kolaboratif (games) dari Kak Bobby, nilai-nilai kepemimpinan dari Annisaul Jannah (alumni SDIT Al-Hamidiyah), dan simulasi peran oleh panitia.

Annisa Qaireena Reza Putri atau biasa dipanggil Annisa, siswi kelas 5 Umar bin Khattab, mengungkapkan bahwa Ia senang mengikuti acara pelatihan LDKS karena seru dan menambah pengalaman. Annisa juga menyatakan bahwa berkat pelatihan ini, Ia jadi lebih tahu bagaimana cara untuk menjadi pemimpin sejati.

Annisa juga menambahkan bahwa untuk menjadi pemimpin seperti Nabi Muhammad SAW maka harus memiliki jiwa kepemimpinan yang memiliki rasa adil dan empati.

Ebby, Salah satu peserta pelatihan dari kelas 4, berpendapat bahwa dirinya menjadi lebih teratur dan disiplin dalam menjalani keseharian setelah mengikuti pelatihan. Bagi Ebby, pelatihan LDKS kali ini seru terutama saat materi kegiatan kolaboratif yaitu menaruh korek api di bibir botol, di mana hal itu sangat melatih konsentrasi.

Meski dengan waktu yang singkat, Pelatihan LDKS sungguh membawa banyak dampak positif dan manfaat bagi peserta pelatihan. Kak Anda, salah satu trainer yang mengisi materi Leadership, memberikan saran untuk kegiatan pelatihan kepemimpinan berikutnya. Menurut Kak Anda, perlu ada kegiatan pelatihan lanjutan, bisa berupa coaching atau pendampingan bagi siswa untuk mulai belajar mengeksplor lebih jauh kemampuan dan keterampilan yang dimiliki para siswa. Kegiatan bisa berupa menata atau mengorganisasi sebuah event atau sejenisnya.

Yang pasti, tindak lanjut dari kegiatan LDKS ini, SDIT Al-Hamidiyah akan mengadakan pemilihan Ketua Student Council melalui Pemilu Raya yang melibatkan seluruh siswa siswi dan dewan guru.

Penulis : Suriyadi

Penyunting: Hana Q. 

Archive