Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Meningkatkan Kreativitas Santri di Era Digital dengan Implementasi STEAMMI

Rabu, 27 Maret 2024 Oleh Hana Qonita 111 kali

DEPOK - MTs Pesantren Al-Hamidiyah Depok menyelenggarakan kegiatan Pekan STEAMMI III pada tanggal 18-21 Maret 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman Saintifik Santri dalam menganalisis dan memecahkan masalah melalui ide-ide kreatif-inovatif serta menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan secara bersama-sama. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun komunikasi dan kolaborasi bersama antara santri.

Meningkatkan Kreativitas Santri di Era Digital dengan Implementasi STEAMMI merupakan tema kegiatan Pekan STEAMMI III dengan menampilkan tiga bentuk kegiatan Project-Based Learning (PJBL) yang diintegrasikan dengan mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, SBK, dan Informatika.

Kelas VII  membuat produk yang bermanfaat dari sampah plastik kemasan, sedangkan kelas VIII membuat produk yang bermanfaat dari sampah lingkungan sekolah. Sedangkan kelas IX  membuat produk Smart Technology berbasis Arduino Uno.

Kegiatan Pekan STEAMMI III juga bertujuan untuk membangun karakter santri, melatih inkuri santri untuk berpikir out of the box dan meningkatkan kemampuan life skills, literasi, dan numerasi. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menghasilkan produk yang dapat di evaluasi kualitasnya dan membangun toleransi serta kerja tim antar santri.

Penanggung jawab kegiatan ini adalah Bapak Hari Abdussalam S.Si, Ibu Siti Andriyani, S.Si, dan Bapak Asenih, S.Ag,  sedangkan untuk Ketua Pelaksana STEAMMI yaitu Bapak Suherman, S.Si. Mereka juga membantu dalam mengawasi jalannya kegiatan pada setiap kelas dan memastikan tercapainya tujuan kegiatan. Santri mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan antusiasme yang sangat tinggi untuk menghasilkan produk yang bermanfaat dan memiliki nilai positif bagi lingkungan sekitar.



Pewarta : Wulansari Atika Bakti

Penyunting : Tim Humas YIA