Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Berita
Home / Berita

Meningkatkan Kualitas Guru, Yayasan Islam Al-Hamidiyah Menggelar Pelatihan STEM dan Asesmen Pembuatan HOTS

Jum'at, 06 Oktober 2023 Oleh Irma Rahmawati 192 kali

Depok, 5 Oktober 2023 - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Tenaga Pendidik, Yayasan Islam Al-Hamidiyah menggelar Pelatihan Guru melalui pendekatan STEM dan Asesmen Pembuatan Soal HOTS yang diselenggarakan pada tanggal 2 – 4 Oktober 2023.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Guru YIA dalam bidang STEM dan pengembangan Instrumen, serta memberikan pemahaman yang mendalam tentang pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam proses pembelajaran. Guru-guru yang berpartisipasi dalam pelatihan ini tidak hanya diajarkan tentang strategi dan metode terbaru dalam mengajar STEM, tetapi juga diberikan pengetahuan tentang pembuatan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Ibu Dr. Farida Wulandari, M. Pd selaku Direktur Pendidikan YIA menjelaskan bahwasanya Yayasan Islam Al-Hamidiyah berkomitmen untuk menciptakan kompentensi, berakhlakul karimah, professional, dan juga akuntabel melalui kegiatan-kegiatan dan pembelajaran yang sangat terstruktur dan terukur untuk mencapai kompetensi professional, maka salah satunya adalah dilakukan pelatihan guru yang tentunya untuk membuat pembelajaran menarik dan berkualitas. Pelatihan guru yang dilakukan kali ini bekerjasama dengan SEAMEO Qitep in Science atau SEAQIS yaitu lembaga yang berkelas se-Asia Tenggara. Kami siap untuk Go-International, dengan menciptakan guru-guru yang siap memberikan pembelajaran yang bertaraf Internasional khususnya pada metode STEAMMI.


Dalam pelatihan ini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka dalam mengajar STEM. Mereka juga belajar tentang pendekatan interaktif dan kreatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran STEM. Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman yang mendalam tentang pembuatan Soal HOTS, yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Ibu Dewi Retno selaku guru yang ikut menjadi peserta pada pelatihan ini, memberikan kesannya “Perasaan saya setelah mengikuti workshop ini, senang sekali karena banyak ilmu baru yang didapatkan. Setelah saya dan tim guru dari Mts mengikuti pelatihan ini rencananya kita akan lebih mengaktifkan kembali proses pembelajaran STEMnya, jadi bukan hanya membuat sebuah project tapi dapat diaplikasikan juga dalam pembelajaran sehari-hari. Jadi bisa membuat pembelajaran lebih menyenangkan, lebih bervariasi, jadi anak-anak lebih diajak untuk berpikir kritis,”ucapnya.


Ibu Dr. Indrawati, M.Pd selaku Direktur SEAQIS memberikan kesannya selama pelatihan berlangsung di YIA “Alhamdulillah, semua luar biasa, rekan-rekan guru semua memberikan masukan yang sangat luar biasa terhadap program ini, mereka begitu antusias menerima semua materi-materi yang diprogramkan dan memberikan refleksi dari setiap pertemuan, dan dari refleksi yang disampaikan oleh rekan-rekan guru ini memberikan feedback secara umum bahwa program ini sangat diperlukan bagi mereka terutama untuk meningkatkan pemahaman tentang STEM yang nantinya akan menjadi program unggulan di Yayasan ini, dan menjadi kemasan STEAMMI. Ini adalah program yang sangat luar biasa bagi pengembangan kapasitas SDM karena didalam hal ini guru adalah ujung tombak yang akan melaksanakan seluruh pesan yang ada didalam kurikulum. Program ini akan terus berlanjut, yang menjadi target adalah bagaimana teman-teman guru memberikan layanan pembelajaran STEM secara positif sesuai dengan pesan-pesan yang ada didalam kurikulum itu sendiri dan yang paling utama adalah pencapaian visi misi sekolah. Insya Allah program ini akan dilanjutkan dengan program on the job planning dan tindak lanjut dari pelatihan ini, teman-teman akan membuat semacam lesson plan kemudian akan didampingi secara online dan nanti yang paling utama adalah bagaimana mengimplementasikannya di kelas,”jelasnya.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya Yayasan Islam Al-Hamidiyah dalam meningkatkan kualitas kompetensi guru. Harapannya setelah dilakukan pelatihan ini, kualitas pembelajaran dari guru dapat meningkat. Hal ini akan membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, kreatif, dan kolaboratif yang sangat penting untuk masa depan mereka.