Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Parents Teaching Day SMPI Al-Hamidiyah “Empowering Learning Together”

Selasa, 12 Desember 2023 Oleh Hana Qonita 147 kali

[Depok, 27 November 2023 ] – Peringatan Hari Guru Nasional merupakan salah satu kegiatan tahunan non-akademik di SMP Islam Al-Hamidiyah yang pada tahun ini diperingati oleh siswa dan guru melalui kegiatan “Parent Teaching Day” dengan tema Empowering Learning Together. Kegiatan "Parents Teaching Day" di SMP Islam Al-Hamidiyah diperingati dengan mengundang dan melibatkan orang tua siswa untuk menjadi guru tamu.

Para orang tua yang menjadi guru tamu tersebut berasal dari berbagai latar belakang  profesi seperti notaris, event organizer, dokter, psikolog, sekretaris, praktisi automotive, praktisi keuangan negara, dan juga bidang seni. Dengan tema Empowering Learning Together kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan siswa terhadap dunia kerja serta keterampilan apa yang diperlukan guna mendukung pekerjaan tersebut. Selain dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional kegiatan ini juga sekaligus untuk menguatkan sinergi antara sekolah dan orang tua untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. 

Dengan kegiatan Parent Teaching Day orangtua dapat berbagi pengalaman, keahlian khusus, atau pengetahuan mereka dengan para siswa. Ketika orang tua berbagi kisah sukses atau tantangan yang mereka hadapi, hal ini dapat memotivasi siswa untuk meraih impian mereka sendiri dan memperluas pandangan mereka tentang berbagai jalur karier atau kehidupan. Aktivitas semacam ini dapat memperkuat hubungan antara orang tua, siswa, dan sekolah. Ini membantu membangun jaringan komunikasi yang lebih kuat dan meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka. Hal ini dapat menjadi inspirasi model pembelajaran yang lebih kolaboratif, di mana komunitas sekolah secara keseluruhan terlibat dalam pendidikan siswa. 




Kegiatan seperti ini menekankan pentingnya nilai-nilai keluarga dalam pendidikan. Orang tua dapat membantu mengintegrasikan nilai-nilai penting ke dalam lingkungan sekolah serta kegiatan wali siswa yang mengajar dapat menjadi momen berharga di mana sekolah, siswa, dan orang tua dapat saling berbagi, belajar, dan saling mendukung dalam proses pendidikan. Pada kegiatan parents teaching day, orang tua sebagai guru tamu diminta untuk mengajar di kelas dengan membagikan pengalamannya dalam menggeluti profesi yang dijalani dari sisi persiapan, tantangan serta benefit yang didapat dari pekerjaan tersebut. Selama 80 menit para guru tamu menjelaskan kepada siswa terkait dengan pekerjaan mereka.

        Para siswa sangat antusias dengan kehadiran guru tamu, ini tercermin dari pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan kepada guru tamu di akhir sesi pembelajaran. Dari sisi orang tua pun menyambut baik kegiatan ini selain memiliki pengalaman sebagai guru mereka senang dapat berbagi ilmu dengan para siswa.







Penulis : Mad Sholeh

Penyunting : Tim Kominfo YIA 



Archive