Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Mencetak Banyak Hafidz Muda, SDIT Al-Hamidiyah Gelar Acara Khataman Al-Qur'an dan Imtihan

Senin, 12 Juni 2023 Oleh Irma Rahmawati 398 kali

DEPOK - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Hamidiyah Depok mengadakan acara Khataman Al-Qur’an dan Imtihan Ke-8 pada hari Minggu, 4 Juni 2023. Acara ini diselenggarakan di Gedung UTCC Universitas Terbuka, sejak pukul 07.00- 12.00 WIB.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Dr. Farida Wulandari, M.Pd selaku Direktur Pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah, Ibu Marti Alifah, S.Si selaku Wakil Direktur Pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah, Hadi Sukoco,S.Si selaku Kepala Divisi Paud-Dikdasmen, KH. Absurrosid Marhali,Lc selaku Wakil Kepala Pengasuh Pesantren, KH. Mahfudz selaku Ketua Majelis Taklim, Ust H. Ahmad Yusuf, M.S,M.Pd selaku Direktur Ummi Foundation Surabaya, Ust Syam Heriyadi selaku Ketua Ummi Foundation Kota Depok, serta Jajaran Direksi dan Kepala Divisi Yayasan Islam Al-Hamidiyah, Ketua FOMG Kepala Sekolah, para Pendidik dan Tenaga Kependidikan SDIT Al-Hamidiyah, Orang tua dan peserta Khataman Al-Quran dan Imtihan ke-8. 

Jumlah peserta Khataman dan Imtihan yaitu sebanyak 166 orang, yang terdiri dari 66 orang laki-laki dan 100 orang perempuan. Acara berlangsung khidmat dan haru saat penampilan Puisi oleh Regina Kayla Imani Setiawan dan Zidan Restu Ramadhan. Peserta khataman melakukan salam takdzim kepada orang tua wali dengan bersimpuh dan meminta doa menuju tempat duduk orang tua wali.


Bapak Swandaru M.Pd selaku Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu dalam sambutannya  menyampaikan rasa bahagia tiada taranya karena dapat merayakan momen istimewa, yaitu Khataman dan Imtihan Al-Quran angkatan 8 SDIT Al-Hamidiyah. Momen ini sangat penting karena tidak saja menandai kesuksesan anak didik dalam menyelesaikan pembacaan Al-Quran, tetapi juga merupakan suatu pencapaian yang membanggakan bagi setiap individu di lingkungan sekolah. Selanjutnya acara tersebut juga sebagai apresiasi atas kerja keras, ketekunan, dan dedikasi para peserta dalam mempelajari dan menghafal ayat-ayat suci Al-Quran sebagai sumber kehidupan, petunjuk jalan yang lurus, dan cahaya bagi kita di dunia yang penuh tantangan ini. Dengan mempelajari dan mengamalkan Al-Quran, kita diharapkan dapat menggali hikmah dan nilai-nilai yang menginspirasi, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tak lupa beliau mengucapkan terima kasih untuk Bapak - Ibu guru, para ustadz dan ustadzah atas buah kerja keras dan dedikasi yang tak kenal lelah yang diberikan kepada siswa-siswi dalam proses pembelajaran. Keberhasilan mereka tidak terlepas dari bimbingan dan dorongan serta doa sebagai pendidik ujarnya.


Dr. Farida Wulandari, M.Pd selaku Direktur Pendidikan Yayasan Al-Hamidiyah mengapresiasi kegiatan Khataman dan Imtihan yang dilaksanakan, beliau menyampaikan selamat kepada seluruh peserta Khataman karena telah melalui proses yang cukup panjang sampai proses Khataman. Tak lupa beliau mengucap syukur karena acara berjalan baik sebagai bukti pencapaian pembelajaran yang terukur jelas dan sistematis, jelasnya. Menurutnya Pembelajaran Al-Quran dengan metode UMMI Insya Allah akan diterapkan di SMPI Al-Hamidiyah mulai Tahun Pelajaran 2023-2024, Artinya yang lulus dari SDIT Al-Hamidiyah dapat melanjutkan program Ummi di SMPI Al-Hamidiyah.


Ust H. Ahmad Yusuf, M.S,M.Pd, selaku Direktur Program Ummi foundation Surabaya sekaligus penyusun buku Ummi menyampaikan bahwa proses pelaksanaan Khotmil Qur’an di SDIT Al-Hamidiyah cukup baik, sangat bagus, rapi, dan tertib  bahkan tersusun dengan  profersional. Persiapan sampai penampilan tersusun rapi. Anak-anak dapat menjawab dengan baik pertanyaan yang dilayangkan dari bapak ibu, dijawab dengan lancar, tartil sampai gharibnya terjawab dengan rapi, semoga tahun ini juz 30 dan 29, tahun depan bisa sampai Juz 1. Kita harus semakin meningkat baik secara kuantitas, maupun kualitasnya, pungkasnya.

Aisyah Laali Adzkiya Aslaf  Putri dari ProfDr. H. M. Asrorun Ni'am Sholeh, M.A. menyampaikan bahwa dia sudah melewati proses dari mulai Pra Munaqosyah, Munaqosyah, Gladi sampai dengan Khataman tentu prosesnya cukup panjang, proses yang melelahkan namun Happy dan seru, ia menyampaikan untuk adik-adik kelasnya untuk sering-sering baca Al-Qur’an dan jangan malas.