Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

SDIT AL-HAMIDIYAH BERLITERASI

Selasa, 31 Oktober 2023 Oleh Irma Rahmawati 353 kali

SDIT AL-HAMIDIYAH BERLITERASI

“Siapapun yang terhibur dengan buku-buku, kebahagiaan tak akan sirna dari dirinya.” ~ Ali bin Abi Thalib ~


Bulan Oktober identik dengan peringatan Bulan Bahasa dan Sastra karena bertepatan dengan dikukuhkannya Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, sesuai dengan isi Sumpah Pemuda yang berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.” 

Dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra tersebut, SDIT Al-Hamidiyah melakukan serangkaian kegiatan Literasi yang diawali dengan Gerakan Literasi Membaca bekerjasama dengan Perpustakaan Keliling (Pusling) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 16-18 Oktober 2023, diperuntukkan bagi peserta didik level 1 sampai kelas 3. Para peserta didik sangat antusias ketika melihat Mobil Pusling parkir di area depan gedung SDIT Al-Hamidiyah. Para pustakawan perpustakaan keliling datang dan menyapa serta menjelaskan apa itu perpustakaan keliling dan apa saja yang terdapat di dalamnya. 


Perpustakaan Keliling menyediakan beragam buku bacaan anak, mulai dari komik hingga ensiklopedia. Peserta didik dapat memilih buku dengan tema yang mereka gemari, seperti Buku tentang Pesawat Tempur, Binatang, Pesawat Antariksa, Cerita Nabi, dan lain –lain. 


Setelah membaca mandiri, para peserta didik diajak untuk menceritakan kembali isi buku yang sudah mereka baca. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kepercayaan diri siswa agar berani berbicara di depan teman-temannya. Siapa yang berani bercerita, maka akan mendapatkan hadiah sebagai penghargaan atas keberaniannya. Anak-anak pun semakin riang ketika Pustakawan Perpustakaan keliling memberi kejutan mendongeng. Dongeng yang dibacakan pun beragam, misal Pustakawan Andi Muhammad Teguh, S.Psi atau yang sering disapa Kak Andi berdongeng dari cerita hewan atau Fabel. Ada juga yang mendongeng tentang  salah satu cerita rakyat yang legendaris, Timun Emas. Tak hanya itu, mereka juga membacakan buku non fiksi tentang Fakta Unik Cumi-Cumi. 


Para siswa pun sangat bersemangat. Mereka fokus mendengarkan para Pustakawan yang sedang mendongeng. Di akhir dongeng, pustakawan memberikan pertanyaan tentang pesan apa yang terkandung dalam dongeng yang dibacakan. Kunjungan Perpustakaan keliling ini sangat berarti bagi peserta didik khususnya siswa-siswi SDIT Al-Hamidiyah. Selain memperkenalkan jenis lain dari perpustakaan yang notabene berbentuk ruang/gedung, mereka juga diperkenalkan kepada jenis bacaan yang beragam, menangkap pesan-pesan yang ada di dalam sebuah cerita, serta melatih kepercayaan diri siswa dengan memberikan mereka kesempatan untuk tampil di depan teman-temannya. 

Jika anak telah diperkenalkan dengan berbagai jenis bacaan yang sesuai dengan usia, maka hasil yang diinginkan adalah meningkatnya minat baca dan kecintaannya terhadap buku. Program Perpustakaan Keliling yang dihadirkan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan literasi peserta didik.





Penulis: Tami dan Aam 

Penyunting: Hana

Archive