Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Merdeka Belajar dengan Kegiatan Field Trip; Indonesia Science Center dan Sky World

Jum'at, 01 Desember 2023 Oleh Hana Qonita 263 kali

Merdeka belajar merupakan konsep Pendidikan di mana pembelajaran dibuat lebih mandiri, eksploratif, dan kontekstual. Salah satu cara untuk menerapkan konsep ini adalah melalui kegiatan field trip. Keunggulan dari kegiatan field trip diyakini dapat memperluas pengetahuan, menginspirasi minat bakat siswa, dan memberi pengalaman langsung yang tidak dapat diperoleh siswa di dalam kelas. 


Kelas 4 SDIT Al-Hamidiyah melaksanakan field trip ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada tanggal 19 Oktober 2023 lalu. Destinasi tujuannya adalah Indonesia Science Center atau yang dulu dikenal sebagai PP IPTEK dan Sky World. Kedua tempat ini dipilih dengan harapan dapat meningkatkan minat bakat siswa kelas 4 terhadap bidang Sains dan Matematika. Tidak bisa kita pungkiri, pendekatan STEAMMI yang dimiliki Al-Hamidiyah, berpengaruh banyak pada ketertarikan siswa terhadap Sains. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan dalam menentukan tujuan field trip kelas 4.

Sebanyak 120 siswa kelas 4 telah bersiap sejak pukul 06.30 WIB di lapangan SDIT Al-Hamidiyah. Sebelum keberangkatan, seluruh siswa berbaris rapi sambil mendengarkan arahan dari kepala sekolah. Selanjutnya doa terlantun dengan khusyuk agar perjalanan berlangsung aman dan menyenangkan. Tepat pukul 07.00 WIB siswa berbaris rapi menuju bus masing-masing.

Perjalanan yang dipandu oleh tim Dudindo cukup menyenangkan. Mereka memulai kegiatan dengan perkenalan kakak pendamping yaitu Kak Lidi, Kak Sari, Kak Wahyu, dan Kak Cuwi. Setelah itu, mereka menjelaskan tujuan dan gambaran aktivitas yang akan dilakukan di TMII. Perjalanan dilakukan sambil menikmati snack pagi dan menonton film produksi Dudindo yang menggunakan artificial intellingence.